Minggu, 03 Maret 2013

budidaya cinta perak

budidaya cinta perak (1)
air beriak tanda tak dalam - terombang ambing bagai buih di tengah lautan
bila cinta tak disimpan di hati yang paling dalam - niscaya akan sangat rentan terhadap godaan gemerlapnya kehidupan


budidaya cinta perak (2)
jangan pernah menunda masalah - karena itu artinya kalian memperpanjang terjadinya mendung gelap di langit
lebih baik biarkan petir menyambar dan guruh menggelegar - tetapi setelah itu hujan segera reda dan langit cerah kembali


budidaya cinta perak (3)
saat aku marah bagai gunung meletus - istriku hanya diam saja bagai tanah yang bersedia menampung segala muntahan lahar dan getaran gempanya
sedang bila istriku yang marah bagai ombak lautan yang melempar2 tsunami - maka akulah yang harus diam dan tegar bagai batu karang yang siap menerima gempurannya setiap saat


budidaya cinta perak (4)
meski aku kepala rumah tangga - tetapi istrikulah ibu rumah tangganya
maka aku serahkan semua rejeki yang kuterima padanya tanpa syarat - agar istriku hatinya tenang dan lebih mudah belajar bersyukur - sedang aku memilih terima uang saku darinya persis seperti yang diberikan pada anak2ku - dengan demikian akan mempermudah diriku untuk belajar bersabar
jadi di akherat nanti bila ada pertanyaan bagaimana kami memperoleh rejeki biar aku yang jawab - tetapi untuk pertanyaan bagaimana membelanjakannya biar istriku yang jawab


budidaya cinta perak (5)
menikah itu bukan hanya bertemunya dua hati - tetapi lebih kepada bergabungnya dua keluarga besar - yang bisa jadi sebelumnya mereka punya kebiasaan yang sangat jauh berbeda - maka daripada itu aku sepakat dengan istriku : istriku untuk keluargaku dan aku untuk keluarganya
sehingga bila istriku ada masalah, dia lebih sering berkonsultasi dengan keluarga besarku - sedang bila aku yang bermasalah maka aku akan berkonsultasi dengan keluraga besar istriku
demikian juga bila kami ingin berbagi - maka untuk keluarga besar istriku, kami selalu bilang kalau itu atas inisiatifku - sedang bila kami ingin berbagi untuk keluarga besarku pasti kami bilang kalau itu adalah kehendak istriku


budidaya cinta perak (6)
suami adalah pakaian bagi istrinya - dan istri adalah pakaian bagi suaminya
pakaian itu adalah bertujuan untuk menutupi aurot
dan aurot itu adalah hal2 yang bakal memalukan bila terbuka di tempat umum
itulah sebabnya kami tak pernah sekalipun menceritakan kejelekan maupun kekurangan pasangan kami pada siapapun - baik itu kepada teman, saudara, orangtua, maupun konsultan sekalipun - karena bila hal itu kami lakukan, berarti kami telah membuka aib kami sendiri di depan umum
di sisi lain - kami juga akan selalu saling berusaha menjadi hiasan yang membuat pasangan kami menjadi lebih pantas dan menarik untuk tampil di tempat umum - seperti layaknya pakaian yang membuat kita tampil lebih menawan


budidaya cinta perak (7)
panggilan mesra - kelihatannya sepele - tetapi bila setiap hari digunakan akan menancap di alam bawah sadar dan merembes ke dalam hati yang paling dalam
aku klo panggil istriku pake mama sayang - istriku panggil akupun juga dengan sebutan papa sayang
tak terasa setelah dua puluh enam tahun - sebutan itu telah mendarah daging dalam jiwa dan menyatukan cinta kami
meski sedang jengkel sama sekalipun pada istriku - karena otomatis aku memanggilnya dengan sebutan mama sayang - maka otomatis pula kejengkelan itu mereda dan yang ada tinggallah kelucuan diriku yang mau menang sendiri kayak anak kecil yang sedang merengek manja
demikian juga pada anak2 kami - mereka kami biasakan memanggil mas pada yang lebih tua dan memanggil adik pada yang lebih muda
jadi meskipun anak kami tiga lelaki semua - tetapi mereka tak pernah bertengkar di antara mereka - rukun dan kompak hingga mereka dewasa sekarang ini


budidaya cinta perak (8)
jarak tak mampu memisahkan kami
seperti barusan saat istriku kutinggal raker dua hari keluar kota
kami tetap menjaga kontak lahir untuk mempertahankan kontak batin
-------------
saat waktunya makan siang aku sms begini : "mama cayang belum makan ya ?"
trus dia tanya gini : "kok papa cayang bisa tahu klo aku belum makan ... "
kujawab : "ya karena aku masih terasa lapar, padahal aku habis makan banyak - maka aku jadi ingat kalau mama cayank pasti belum makan"
--------------
trus saat hari sudah menjelang tengah malam ganti istriku yang sms : "papa cayang pasti belum tidur ya ?"
kujawab begini : "iya nich masih menyelesaikan laporan raker untuk yang siang tadi belum selesai - tapi mama cayang kok tahu klo aku belum tidur ?"
dia menjawab : "iya soalnya aku sulit tidur, tertidur sebentar tapi trus terbangun dan papa cayang gak ada disampingku - aku gak bisa tdur lagi, maka kupikir ini pasti gara2 papa cayang belum tidur - istirahat dulu ya papa cayang - biar aku juga bisa tidur nyenyak"
------------
dan kuakhiri sms-an kami dengan ucapan selamat tidur semoga mimpi indah


budidaya cinta perak (9)
istriku adalah konsultan bisnis bagiku
setiap kalii aku akan melakukan sebuah usaha atau melaksanakan sebuah proyek bisnis - aku tak lupa selalu berkonsultasi terlebih dahulu kepada istriku
aku memang sudah melakukan sholat istikhoroh dan sudah menggunakan ilmu hypnosisku untuk menancapkan anchor di benakku - tetapi aku tetap aku sebagai orang yang gampang gak tegaan dan selalu berprasangka baik pada semua orang - maka istriku bilang itulah kelebihan saya yang sekaligus menjadi kelemahan saya
maka saran dan masukan dari istriku selalu aku butuhkan - karena dengan memandang dari luar sistem - istriku bisa lebih obyektif memberikan argumentasinya
dulu pernah beberapa kali aku tak mendengarkan nasihat istriku dan bisnisku gagal total
kini karena aku percaya sepenuhnya pada fealing bisnis istriku - maka Alhamdulillah bisnisku lancar2 saja - dan rejeki kami semakin bertambah karena kami berdua tak pernah lupa mensyukurinya


budidaya cinta perak (10)
kami adalah dwi tunggal saat menasehati anak2 kami
kebanyakan orang mengatakan kalau aku ini orangnya sabar dan humoris - tetapi tidak banyak yang tahu bahwa kalau sedang marah aku ini bisa berubah menjadi orang yang sangat bengis dan bisa saja kejam - apalagi kalau kesalahan yang terjadi adalah bersangkutan dengan hal2 prinsip
maka bila aku sedang tak berkenan pada kelakuan anak2ku - aku lebih memilih diam - dan kemudian istrikulah yang mengajak anak2 berdialog kenapa papa marah dan apa yang membuat papa tak suka - dan kemudian menjanji mereka untuk tidak mengulanginya lagi
demikian juga sebaliknya - istriku itu meskipun tergolong tegar dan mandiri serta suka bergaul - tetapi kalau sedang marah pada anak2nya - dia bisanya hanya menangis - maka akulah yang harus tampil mengajak anak2ku berdialog meredakan suasana dan kemudian bersama2 berusaha membuat mama mereka kembali tersenyum


budidaya cinta perak (11)
meskipun kami telah satu hati - tetapi aku dan istriku tetap dua kepala
itulah sebabnya kami berdua harus tetap pandai2 menjaga jalan pikiran kita masing2 agar tetap selalu padu
untuk keperluan tersebut - kami berdua sepakat akan pandai2 memanfaatkan waktu untuk saling berdiskusi - kami menceritakan apapun yang telah kami lakukan seharian - baik setiap kali setelah sholat, maupun di meja makan, di ruang keluarga, di tempat tidur, serta sesekali kami juga sengaja melibatkan anak2 bila kami berdua merasa hal itu sangat perlu dan penting bagi pelajaran mereka2 di masa depannya nanti


budidaya cinta perak (12)
hari ini aku benar2 harus berperan sebagai suami perayu ulung
karena sejak pagi istri tercintaku tampak lemas dan murung
kurasa dia sedang memikirkan ibunya alias ibu mertuaku - karena beberapa hari yang lalu pembantunya pulang dan belum kunjung kembali
lha ayok sekarang ke Kediri tah? - tanyaku, tapi dia bilang : gak usah pa - kan minggu depan kita sdh ada rencana mau ke sana untuk selamatannya bapak almarhum
ya kalau gitu jangan lemes dong, jalan2 ke MOG tah? - dia tetap nggak mau
gimana klo jalan2 ke payung beli jagung bakar? - males katanya
gimana klo tak telponkan anakmu? aku tanya demikian sambil tak sambungkan dengan anak pertamanya yang sedang kerja si Palangkarya - setelah itu kudengar istriku mulai ketawa2
entah apa yang mereka perbincangkan - ujung2nya istriku telah sibuk telepon beberapa saudara kandungnya - kudengar2 rupanya istriku sudah mulai bersemangat untuk mempersiapkan ulang tahun ibunya alias ibu mertuaku sebagai kejutan - bulan depan beliau telah berusia 85 tahun
Met Ultah ya mbah - semoga sehat dan bahagia selalu
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar